Saturday, July 09, 2011

Program Latihan Fisik Untuk Atlet Taekwondo in


Program Latihan Fisik Untuk Atlet Taekwondo in

Di Taekwondo ada 3 faktor penentu kemenangan. Teknik, Mental, dan Fisik. Percuma teknik dan mental bagus, tapi fisiknya amburadul. Banyak yang disebut atlet babak penyisihan. Mental dan Teknik mengantarkan dia menyodok di babak penyisihan. Karena fisik jelek, akhirnya dia loyo saat maju ke partai berikutnya. Masih untung gak di knock out.

Meski latihan fisik diperlukan, tapi melatih fisik pun tidak bias sembarangan. Salah melatih fisik pun jadi tidak berguna. Misalnya mencetak badan segede Ade Ray. Oke sih, tapi tidak sesuai untuk atlet taekwondoin.

Di sini saya akan uraikan beberapa program latihan fisik untuk para atlet taekwondo :
1. Pola makan
Pola makan menentukan kebugaran para atlet. Jam makan harus tepat. Makan malam tidak boleh lebih dari jam 7 malam, karena akan menjadi lemak. Atlet boleh makan hingga 5 kali dalam sehari, toh semua kalori terbakar dengan menjalani olahraga teratur. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin c, karena vitamin ini tidak diproduksi oleh tubuh.

2. Kelincahan

Latihan ini sebaiknya dilakukan secara teratur. Waktunya 6 kali dalam seminggu. Program latihannya dengan melakukan skipping dengan variasi gaya lompatan, standarnya seratus kali tanpa putus lalu istirahat sebentar, lalu lanjutkan lagi.

3. Kecepatan

Gerak dilatih dengan sprint 100 meter, jangan lupa dihitung time nya. Usahakan ada peningkatan waktu tempuh. Bila hari ini mampu 17 detik, hari berikutnya harus mampu 16 detik, dan seterusnya. Latihan ini akan menunjang speed kamu dalam menendang dan reflek kamu.

4. Daya tahan otot

Tujuan utama dalam berlatih adalah melatih daya tahan otot, bukan membesarkan otot. Bagi atlet dibawah 17 tahun dilakukan dengan push up, standarnya adalah 25 kali. Lalu istirahat 1 menit, kemudian dilanjutkan 25 kali lagi dan seterusnya. Intinya bukan berapa banyak push up yang kita hasilkan dalam satu hari, tetapi seberapa lama kita istirahat saat melakukan push up yang pertama ke push up yang kedua, ketiga, dst. Percuma kita push up sampai 1000 kali, tapi metodenya dicicil pagi siang, malam. Lebih baik Cuma seratus kali tapi dilakukan dengan 4 kali istirahat dalam waktu 1 menit.
Sit up dan back up pun sama dengan uraian di atas.

6 comments:

pemeliharaan mesin said...

keren

security services said...

mantap

Armstrong Indonesia said...

bagus

motivator indonesia said...

salam kenal

parking said...

semoga bermanfaat

cleaning services said...

tips yg bgs

Post a Comment

harap berkomentar dengan baik dan benar.